Chitika

Minggu, 05 April 2015

Mengembalikan Desktop yang Hilang dari Windows 8

Pagi ini saya mendapatkan “pasien” yang juga siswa saya, mengeluh karena laptop Win8nya blank setelah startup. Menurutnya itu karena ada bagian belakang layar yang sedikit “terbuka”..
Oke, mari diagnosa..

Setelah saya nyalakan, ternyata benar layarnya blank, hanya kursor saja yang mondar-mandir mengikuti gerak jari saya, hehehe.. Setelah mencoba kombinasi Win+D tidak bisa, akhirnya saya mencoba membuka Task Manager dengan shortcut favorit saya Ctrl+Alt+Del. Yap, berhasil!!
Saya mencoba membuka Task baru, File > Run new task. Lalu klik Browse, dan mencari file eksekusi Internet Explorer. Saya bermaksud menghubungkan diri dengan rekan di dunia maya Kang Google!! ini langkahnya: Computer > Local Disk(C:) > Program Files > Internet Explorer, dan klik file iexplore.exe.
Sebelumnya saya mengaktifkan Wifi dahulu agar bisa tersambung internet. Di laptop Samsung series 5 ini shortcutnya adalah Fn+F12.
Yap, begitu saya tersambung dengan sahabat saya, langsung saya “katakan” cara mengembalikan desktop windows 8 dan saya diberikan jawaban ke situs WinPoin.
Situs ini memberikan dua solusi untuk permasalahan yang saya hadapi, namun solusi yang sesuai untuk saya adalah solusi #2 yaitu mengunduh file dekstop yang akan di paste ke programs di start menu.
Berikut kutipannya:
…. kamu bisa mendownload file zip dibawah ini yang berisi shortcut icon desktop.
Setelah itu extract file zip, akan muncul icon shortcut Desktop.
Cara Mengembalikan Desktop yang Hilang di Start Screen Windows 8
Buka Windows Run dengan menekan Win+R, ketikkan perintah dibawah ini dan tekan OK.
%ProgramData%\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs
Cara Mengembalikan Desktop yang Hilang di Start Screen Windows 8
Copy dan Paste icon shortcut Desktop tadi ke window folder Program yang baru saja kamu buka dengan Windows Run tadi.
Cara Mengembalikan Desktop yang Hilang di Start Screen Windows 8
Terakhir pastikan icon shortcut Desktop sudah berada di folder tersebut.
Cara Mengembalikan Desktop yang Hilang di Start Screen Windows 8
Sekarang coba buka Start Screen untuk melihat tile Desktop.
Cara Mengembalikan Desktop yang Hilang di Start Screen Windows 8
Mudah bukan cara untuk mengembalikan desktop yang hiland di Start Screen Windows 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar